Hakekat Pengembangan Kurikulum
Pengembangan kurikulum adalah
istilah yang komprehensif, didalamnya mencakup: perencanaan, penerapan dan
evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal membangun kurikulum ketika
pekerja kurikulum membuat keputusan dan mengambil tindakan untuk menghasilkan
perencanaan yang akan digunakan oleh guru dan peserta didik.
Penerapan Kurikulum atau biasa disebut juga implementasi kurikulum berusaha mentransfer perencanaan kurikulum ke dalam tindakan operasional. Evaluasi kurikulum merupakan tahap akhir dari pengembangan kurikulum untuk menentukan seberapa besar hasil-hasil pembelajaran, tingkat ketercapaian program-program yang telah direncanakan, dan hasil-hasil kurikulum itu sendiri.
Penerapan Kurikulum atau biasa disebut juga implementasi kurikulum berusaha mentransfer perencanaan kurikulum ke dalam tindakan operasional. Evaluasi kurikulum merupakan tahap akhir dari pengembangan kurikulum untuk menentukan seberapa besar hasil-hasil pembelajaran, tingkat ketercapaian program-program yang telah direncanakan, dan hasil-hasil kurikulum itu sendiri.
Pengembangan juga kurikulum
merupakan suatu kegiatan yang memberikan jawaban atas sejumlah tuntutan
kebutuhan yang berkembang pada pendidikan. Pengembangan kurikulum dilakukan
atas sejumlah komponen dalam pendidikan, diantaranya pada pembelajaran yang
merupakan implementasi dari kurikulum. Fullan (1982;124) seorang tokoh dalam
pengembangan kurikulum mendefinisikan implementasi sebagai proses
dilaksanakannya ide, progam, dan serangkaian aktivitas yang baru oleh orang
yang mengusahakan dan mengharapkan perubahan. Hasil dari proses ini adalah
adanya perubahan ditataran praktis pada guru dan siswa (dan juka komponen
sekolah lainya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
lisanmu adalh pedang duniamu