Jumat, 25 Mei 2012

Hakekat Pengembangan Kurikulum


 Hakekat Pengembangan Kurikulum

Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif, didalamnya mencakup: perencanaan, penerapan dan evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal membangun kurikulum ketika pekerja kurikulum membuat keputusan dan mengambil tindakan untuk menghasilkan perencanaan yang akan digunakan oleh guru dan peserta didik. 

Penerapan Kurikulum atau biasa disebut juga implementasi kurikulum berusaha mentransfer perencanaan kurikulum ke dalam tindakan operasional. Evaluasi kurikulum merupakan tahap akhir dari pengembangan kurikulum untuk menentukan seberapa besar hasil-hasil pembelajaran, tingkat ketercapaian program-program yang telah direncanakan, dan hasil-hasil kurikulum itu sendiri.
Pengembangan juga kurikulum merupakan suatu kegiatan yang memberikan jawaban atas sejumlah tuntutan kebutuhan yang berkembang pada pendidikan. Pengembangan kurikulum dilakukan atas sejumlah komponen dalam pendidikan, diantaranya pada pembelajaran yang merupakan implementasi dari kurikulum. Fullan (1982;124) seorang tokoh dalam pengembangan kurikulum mendefinisikan implementasi sebagai proses dilaksanakannya ide, progam, dan serangkaian aktivitas yang baru oleh orang yang mengusahakan dan mengharapkan perubahan. Hasil dari proses ini adalah adanya perubahan ditataran praktis pada guru dan siswa (dan juka komponen sekolah lainya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lisanmu adalh pedang duniamu